asam basa lewis


kali ini gue mau share pengetahuan tentang asam basa lewis,,,ya,,lumayan lah,,ilmu kuliah yang gue tempuh bisa dishare juga,,

semoga bermanfaat buat yg masih bingung tentang konsep asam basa lewis,, :)

jadi,,dari waktu sma,,kita dikasih tau tentang pengertian asam basa melalui beberapa konsep,,arrhenius, bronsted-lowry,,dan lewis..

nah,,,arrhenius dan bronsted-lowry,,,termasuk gampang dalam menentukan asam basanya,,biasanya bisa diliat dari persamaan reaksinya,,dan ada hubungannya dengan atom “H”,,klo di bronsted-lowry biasa disebut proton..
jadi dulu tuh klo gue dapet soal tentang “mana asam dan basa?” gue selalu nyari yg ada atom “H” nya…

nah,,klo konsepnya lewis,,berkaitan dengan donor elektron. dulu gue ga ngerti maksud dari konsep ini, bahkan konsep lewis sangat diperlukan waktu kuliah kimia anorganik. karna suka ada soal tentang asam basa dari molekul yang ga ada atom “H” nya. dulu waktu ada ujian anor tentang asam basa, gue cuma “ngapalin” tanpa ngerti konsepnya.

klo berdasarkan pengertian teks book, basa lewis itu molekul yang bisa berperan sebagai donor elektron. nah, kita ingetnya satu konsep ini aja, karna pengertian asam berarti kebalikannya.

ya,,,klo reaksinya:

H+ + OH- →H2O

kita bisa aja nentuin asam “H+” dan “OH-” basa,,dengan mudah menggunakan konsep bronsted lowry, karena di reaksi tersebut ada atom “H” nya…

lalu bagaimana kalau reaksinya:

BF3 + NH3 →BF3NH3

jika menggunakan konsep bronsted, “donor proton”, yang manakah itu? jangan2 kita malah menjawab bahwa NH3 bersifat asam..

nah,,bagaimana jika kita menggunakan konsep lewis “donor elektron” ?
dari molekul BF3,jika kita membuat sistem dot lewisnya, B mempunyai 3 elektron valensi dan semuanya berikatan dengan F. sedangkan pada molekul NH3, N mempunyai elektron valensi 5, 3 diantaranya berikatan dengan H.
sehingga bisa dilihat bahwa N memiliki 1 pasang elektron bebas. elektron bebas inilah yang kemudian di donorkan pada BF3 untuk kemudian melakukan ikatan.

bf3dannh3

dari gambaran di atas bisa keliatan kan,,klo NH3 masih memiliki pasangan elektron bebas :), makanya,,dari reaksi diatas,, NH3 disebut sebagai basa, dan BF3 disebut sebagai asam.

nah,,bagaimana jika ada soal yang tidak menyertakan persamaan reaksinya? dulu waktu kuliah anorganik sering keluar nih soal kaya gini. disuruh menentukan asam basa, bahkan menentukan kekuatas asam basa nya. “mana yang lebih asam?”..ampuuunnn deh,,,susaaahhh,,,asli,,,dulu gue ngapal dari buku anor pegangan,,, -.-

coba tentukan dari molekul dibawah ini, manakah yg asam dan basa?
H2O, CO2, I-, SO2, NH3, OH-, H+, BCl3

ingat! kuncinya: bikin dot lewis dari elektron valensinya, trus liat masih ada elektron sisa apa ga

berikut analisisnya:

H2O atom pusat O, elektron valensi 6, elektron yang berikatan dengan H 2, sisa elektron 4 (2 pasangan elektron)
CO2 atom pusat C, elektron valensi 4, elektron yang berikatan dengan O 4, sisa elektron 0
I- elektron valensi 7, karena sudah ion, elektron valensi menjadi 8
SO2 atom pusat S, elektron valensi 6, elektron yang berikatan dengan O 4, sisa elektron 2 (1 pasang elektron)
NH3 atom pusat N, elektron valensi 5, elektron yang berikatan dengan H 3, sisa elektron 2 (1 pasang elektron)
OH- atom pusat O, elektron valensi 6, elektron yang berikatan dengan H 1, karena sudah ion sisa elektron 6 (3 pasang elektron)
H+ karena udah menjadi ion maka elektron valensi 0
BCl3 atom pusat B, elektron valensi 3, elektron yang berikatan dengan Cl 3, sisa elektron 0

nah…dari analisa diatas maka bisa disimpulkan:

yang memiliki sisa pada elektron pusat adalah : H2O, I-, SO2, NH3, OH-
yang tidak memiliki sisa pada elektron pusat adalah : CO2, H+, BCl3

nah,,,terlihat sudah molekul yang berperan sebagai donor elektron (basa) dan sisanya asam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s