tim pramuka ‘keren’ ke tangkuban perahu


hmm,,,tanggal berapa ya waktu itu??

hmm,, *berpikir*,,,,ah,,,lupa aahh,,,*males mikir*…

pokoknya waktu itu hari jum’at pagi, saat mau tugas pelatihan di bandung.

jadi,,critanya,,dari kantor gw kan ada pelatihan software buat guru2,,nah yg kali ini di bandung nih,,sebelon2nya sih udah di beberapa daerah,,dan yg ke bandung ini gw diajak,,karna gw kudu ngeliat temen gw pas pelatihan dulu,,biar ntar pas gw jalan platihan,,gw ngerti mo platihannya gmn..maklum aja,,,gw kudu ngelatih guru2,,,make software matematik,,sedangkan,,,gw bukan orang matematik,,,😀

nah,,seperti biasa,,kita pasti dateng ke tempat,,sehari sebelon,,ya,,dari kantor sih sore,,,pas nyampe hotel tempat pelatihan di bandung,,dah malem,,,

pagi harinya, bos gw ngajak kita lari pagi,,gw kan males olah raga sebenernya,,dan emg ga ada persiapan,,tp,,gw jg mau jalan2 sekitar ya,,akhirnya gw bilg,,mau ikut,,,tp,,gw ga pake spatu olah raga,,,malah pake sendal jepit…

oke,,persiapan kita mo olah raga :

“ka, kita ga usah bawa hape nih?” tanya gw ke temen gw yg lebih senior.

“iya, ga usah,,kita biasanya juga ga pernah bawa hape kok”

kita pun kumpul di lobby hotel dulu, regu pramuka (istilah dari bos gw)  nya terdiri dari :

1.pa rustam-bos gw merangkap kepala regu

2.ka tutik-senior gw

3.ka mala-senior gw

4.gw-additional member

5.itan-klo ini junior

okay,,kita berlima akhirnya dengan diantar pa hari (supir yg mobilnya kita charter) pergi ke tangkuban perahu *lho kok? malah kesana?? kan mau olah raga!!*

oke,,,nevermind,,,mungkin kita bakal lari2 pagi di jalan menuju puncak,,,*just my thought*

sampe di pintu masuk tangkuban perahu,,,

wess,,kita pengunjung pertama loh,,,hebat aja,,,,jam setegh 6 kita dah sampe sana,,trus,,yg jaga karcis blon megang karcis,,,portal penjaga pintu blon dibuka,,,bahkan kita disurh masuk lewat pintu kluar,,,😀 udah serasa yg punya aja,,,pagi2 dateng ke sini buat mengontrol,,,😀

karna emg masih pagi,,,tuh jalanan menuju puncak kawah masih seger,,,daunnya rada2 basah karna ujan kemaren malem..ada pintu masuk kawah domas,,,upss,,,ga brenti disini,,,kita lanjut ke kawah yg diatas,,,kawah ratu…

WAAAAWWWW pemandangannya bagus banget!!!

akhirnya mobil di parkir di parkiran atas…

“ayo,,kita turun ke kawah” ajak bos gw,,,

oke aja,,,cuma turun kawah doang,,apa susahnya,,, *again, just my thought*

ternyata menuruni tangga menuju kawah keren banget!!!

tuh tangga masih alami,,,terbuat-dari-tanah-yg-dipisahin-pake-batang-pohon…wew,,,

namanya kawah belerang,,,tuh udara sekitar bikin idung gw periiihhhh banget,,,,apalagi,,gw rada pilek semalem,,mungkin tuh belerang ada yg nempel di ingus gw kali ya,,makanya tambah bikin perih,,,hmm,,,

ok,,lanjut,,tangga alami ini,,bener2 dah,,buatnya mungkin emng susah ya,,,tapi,,,kira2 kek,,masa tinggi anak tangga sampe sedengkul orang dewasa sih?? gimana klo anak kecil mau ikutan coba?? gw aja susah banget cuma turun tangga doang,,,bener2 kudu pelan2,,,

sepanjang perjalanan bos gw selalu ngelawak,,,”nanti hati-hati klo ada babi hutan, dia jalannya lurus”…bagi yg blon pinter,,bakalan ngomong “emg ada Pa?”…

pas udah sampe di 300m menuju kawah domas,,kita istrahat sebentar menikmati pemandangan,,,disitu,,,ada warung kopi,,yg blom buka,,

bos gw mengajak kita turun lagi ke bawah,,,ke kawah,,,kita berharap,,,ketika sampe ka bawah,,,ntar bisa makan indomie rebus,,pake telor,,yg direbus pake air kawah,,, *waaaahhh,,,tampaknya enak,,,*

akhirnya perjalanan lanjut,,,ke kawah.

sesampainya di kawah,,,,hiks😦 warung nya blon bukaaaa,,,,alhasil kita cuma bisa liat2 kawah,,

karna ga ada apa2 yg bisa kita lakukan lagi disitu,,,akhirnya kita lanjut perjalanan,,,balik,,,which is,,, NANJAK!!!!!

hmm,,,okeh,,,klo turun aja gw bisa,,kenapa nanjak kga bisa?? lanjut!!

——–

okeh,,,istrahat dulu,,,

napas gw mulai tersengal2,,mari kita duduk sembarangan…hmm,,,kira2 itu 200m dari bawah kawah domas,,,

kata bos gw,,,kita harus nanjak sampe 300m dari bawah,,,lalu disana ada jalan yg lumayan landai hingga pintu keluar,,,,tapi,,,baru sekitar 200 meter,,,,gw drop!!

istrahat duduk,,,di tungguin itan,,sedang pa rustam, ka tutik, ka mala,,masih lanjut ke atas,,menuju titik 300m…ga terlalu jauh sih,,cm,,,lama2,,,suara mereka mulai ga kedenger sama gw,,,pandangan mata gw juga mulai gelap,,,”tan, bilangin ke pa rustam,,pandangan aku mulai rada gelap”

itan yg panik pun langsung naek ke atas,,ngejar yg lain dan lapor ke bos gw..

bos gw langsung turun ke bawah lagi,,ke tempat gw,,”oke, ely sama itan tunggu disini ya,,nanti aku langsung ke atas ke tempat pa hari dan jemput kalian di 300 meter diatas,,istirahat aja dulu disini,,nanti klo bisa usahain sampe ke 300 meter diatas,,,trus,,ke jalan yang landai”..

gw pun cuma bisa denger suara bos gw,,samar-samar,,hmm,,,pada saat kaya gitu,,,gw cuma bisa berdoa dan kepikiran sama satu orang yg gw harapkan kehadirannya disitu,,,’if he were there beside me’…sambil berdoa,,gw istrahat mengatur napas,,dan pandangan gw,,maupun suara disekitar mulai kembali lagi,,,

“ayo tan, kita lanjut lagi,,udah mulai bisa ngeliat kok”. dengan tenaga yg mulai ada lagi,,gw dijagain itan dari blakang,,lanjut sampe ke tempat ka mala dan ka tutik berada,,di titik 300m.

kita disana sempet istirahat sebentar hingga akhirnya,,,lanjut perjalanan lagi,,,ke… ?

*hmm,,yg tau jalan yg kudu di tempuh ka mala,,so,,lanjut,,,*

regu pramuka tinggal 4 orang di gunung tangkuban perahu, tanpa alat komunikasi, tanpa perbekalan, tanpa sarapan dulu, tanpa adanya petugas yg jaga, dengan stamina yg mulai berkurang, akhirnya melanjutkan perjalanan..karna total jarak sampe pintu masuk 1,2km,,maka sisa jaraknya 900m lagi…dan kita berharap bertemu pa rustam di perjalanan.

sepanjang usaha kritis itu,,,yg ada dipikiran kita : ‘tenang,,sedikit lagi sampe ke jalan landai yg dibilang pa rustam lalu kita di jemput’.

satu demi satu anak tangga dipijak dengan susah payah, ka mala nuntun gw, sesekali kita berenti istirahat, duduk di sembarang tempat, ka tutik juga mulai berkurang staminanya, dan lagi2,,,gw mulai merasa gelap. semakin jauh kita berjalan, setiap melihat ke depan, yg terlihat hanyalah anak tangga yg tersusun rapi ke atas. ‘mana jalan yg landai? masih jauhkah?’

setelah berkali-kali istirahat, akhirnya kita merasa melihat jalan yg agak datar dari kejauhan,,”aku ke depan dulu ya, kayanya udah sampe deh” kata ka mala. dan benar saja, dari nadanya yg gembira, dari kejauhan, menandakan kita sudah sampe ke jalan yang landai. “itan ke sana duluan aja, kasih tau pa rustam kita udah sampe” kata ka tutik yg sama ngedrop nya sama gw.

setelah itan pergi duluan, gw dan ka tutik meneruskan pendakian dengan sisa2 kekuatan yg ada.

“lho kok sampe sini?” seru ka tutik setibanya kita di tempat yg landai itu, yang ternyata pintu masuk awal kita, dari puncak kawah ratu!?%#

pantesan aja tuh jalan ga ada landai2nya,,nanjak terus!!! ternyata kita bener2 lewat jalan waktu kita turun…. >_<

karna itan yg paling sehat, kita minta dia nyari pa rustam dan pa hari. sedang kita, menunggu di tempat istrahat,,yg ada tukang jualan,,*karna udah ga pagi lagi, jd udah ada yg jualan*

haaahhhh,,,,rasanya,,,makan lontong dan minum air sangat gw rindukan,,,bener2 nikmat,,,

karna ternyata mobil pa hari beserta pa rustam ga ada di parkiran sekitar situ, kita berpikir, pasti mereka mengira kita kluar di pintu kawah domas,,itan pun kita minta menyusul, mencari mereka naik ojek yg udah mulai banyak disitu.

sambil menunggu makan lontong di situ, ternyata ada salah seorang petugas yg menghampiri kita “neng, tadi dari bawah ya?”

“iya pa”

“tunggu disini ya, katanya temennya ada satu yang masih di bawah”

WHAAAATTTTT????

walah,,,jangan2 pa rustam nyamperin kita ke bawah nih,,,, duuuuhhhh!!!!

merasa bersalah, kita bertiga coba jalan menuju parkiran depan, supaya klo pa rustam dateng bersama pa hari ga susah nyari kita.

ga lama, terlihat mobil apv pa hari, dan kita semua masuk.

di mobil, kita lakukan reka adegan.

“tadi itu saya udah turun lagi ke titik 300m. ternyata kalian ga ada,,saya panggil2,, itan,,,ely,,,tutik,,mala,,,” crita pa rustam.

“iya pa, tadi kita kan jalan terus,,kita nyari jalan yg kata bapa landai itu,,,taunya kita malah muncul disini” crita ka tutik

“yang jalan landai itu padahal ga jauh dari tempat kalian duduk tadi, tepat di depan kalian. tadi saya udah kasih tau mala”

*nah,,ketauan siapa biang keroknya*

“hoh,,,jadi,,ka mala udah tau jalannya kemana tapi tetep nuntun kita ke jalan yg susah?” seru gw

“ahaha, tadi kan aku emg udah liat pa rustam ke arah yang landai, trus,,balik lagi ke atas, nah aku pikir kita ikutin pa rustam, jadi lewat yg atas” bela ka mala

“jyaaahhhh,,,pantesan aja kita ga lewat2 jalan yang landai,,sepanjang jalan kepikiran, mana ini jalan yang landai, kok naek mulu..ternyata emg jalannya yg nanjak toh..”

kita semua menyerbu ka mala,,,

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s