tes kerja di sugar group companies


sekitar akhir bulan juli 2011..gue pernah tes kerja di sugar group companies…itu loh,,,yg produknya GULAKU…

gue apply buat bagian purchasing…

waktu itu,,lupa…sumber nya dari mana..klo ga salah sih,,dari salah satu link situs kerjaan yg gue bookmarks..

nah,,waktu itu,,lowongannya..buat di head office…di sudirman, jakarta..

sebenernya,,pabriknya sendiri adanya di lampung..untungnya buat posisi ini khusus gawe di jakarta..😀

waktu itu..klo ga salah,,dua minggu sebelom tes,,gue apply,,dan seminggu setelahnya,,dapet sms dari hrdnya…buat panggilan tes..

karna ga biasanya panggilan tes kerja secara di sms gini,,akhirnya,,gue nunggu sampe di telpon hrdnya,,dan beberapa hari setelah sms,,si hrd nelpon…gue tanya aja kira-kira tesnya berapa lama, tesnya ttg apa…

terus,,kata hrdnya,,tesnya dari jam 9 sampe kira-kira jam 12an..

tesnya sendiri berupa tes matematik dasar dan psikotes..

tempat tesnya bukan di sugar groupnya sih,,,dia nyewa tempat di salah satu hotel daerah jakarta timur, depan pasar jatinegara. seperti tes kerja lainnya,,,yang tes ada banyak,,sebenernya,,tes kerja ini buat dua bagian,,purchasing,,dan admin purchasing..nah..gue appy yg bagian purchasing..

disana,,kenalan sama orang dari ipb jurusan ekonomi..yg juga apply untuk bagian yang sama.

tes dimulai dengan tes matematika dasar…

soalnya berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian…

intinya,,kita disuruh menghitung total angka sesuai rumus yg diberikan..soalnya lumayan,,ada kira-kira 3 lembar..intinya sih,,,kecepatan kita menghitung,,,dan..sebagai tips..cobalah berlatih menghitung angka dengan tidak berurutan..misalnya,,dalam satu deret angka ada :356332987 cobalah kelompokkan yg kira-kira hasilnya langsung 10..sehingga ga bikin ribet dalam mikir…tes yg kaya gini cuma dikasih waktu sejam…

tes kedua..psikotes..

kira-kira ada 14 lembar..tapi masing-masing lembar ada satu soal…

soalnya matematika dasar banget!!!ampuuunn,,,gue kan rada-rada lupaaa…😦

soal pertama tentang diagram venn…sepertinya soal ini sering banget keluar di tiap psikotes,,sebaiknya pelajari dengan baik!!

soal selanjutnya berupa gabungan antara logika dan matematik…

ada soal yg modelnya begini:

suatu angka ratusan..angka yg ratusan 2 kali angka puluhan,,dan angka satuan setegah kali angka puluhan..jika ketiga angka dijumlahkan hasilnya 14. waktu itu gue sempet bingung pas baca soalnya..sampe sempet di lewat dulu.. cara ngerjainnya pake subtitusi..

x+y+z = 14

x=2y

z=1/2y

disubtitusiin jadi:

2y+y+0.5y = 14

3.5 y = 14

y = 4, x=8 z = 2

jd, angkanya…xyz = 842

yaaa ampuunn,,,ternyata gampang!!

terus,,ada lagi soal fisika… tentang kecepatan dan jarak,,,

ada juga soal matematika berupa sudut dalam lingkaran…yg dodolnya,,gue lupa rumus luas lingkaran,,alhasil,,,jawaban gue salah,,😦

trus,,ada soal tentang massa jenis kertas..dengan ukuran kertas 1 rim…masalahnya,,masaa jenis kan bisa diukur klo kertas bervolume..daaann,,si kertas cuma dikasih  tau ukuran panjang dan lebar..tanpa ada tinggi kertas klo udah di tumpuk menjadi 1 rim…aaaaarrrgggg,,,gue dodol!!! kan di kertas yg ada di rumah ada ukurannya,,,yg biasa kertas buat ngeprint…biasanya ada 70gr/cm3 atau,,ada yg 80 gr/cm3….aaaarrrggghhh…strupid me…gue malah ngira-ngira..misalnya 10 kertas = 1 cm..maka 1 rim=500 kertas = 50cm..dodol!!!

yaaa…klo ga salah,,dari total soal 14 gue ga ngerjain 4 soal,,,😦

 

dan lagi-lagi,,gue ga lolos tes ini,,,

6 responses to “tes kerja di sugar group companies

  1. kira2 soal smw di test sugar group harus d jawab ??
    apa kalau salah jawabannya ada pengurangan nilai atau gk ??
    thnks yha sebelumnya tulisan anda sgt mmbantu,,,

    • harusnya sih dijawab semua,, karna waktunya sangat cukup,,🙂
      saya kurang tau juga sih gmn penilaiannya,,waktu terakhir saya tes,,banyak juga kok yg sudah selesai mengerjakan tes..berarti,,termasuk gampang kan?😉
      selamat berjuang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s