heart


gw rasa,,sejak setelah gw lulus kuliah sampe sekarang,,ga ada peningkatan yg signifikan..

sebenernya,,ini masalah kerjaan…

huff.. rasanya pengen diem duduk di pinggir jendela sambil memandang langit luas…

sungguh,,masalah mencari pekerjaan adalah masalah yang sangat berat gw rasakan..

entah sudah berapa kali gw apply kerjaan,,baik yg lewat situs jobstreet atau jobsdb..ataupun yg gw sengaja cari2,,trus,,gw apply lewat email..

pada awalnya,,gw nyari kerjaan semua jenis “mt” karna gw merasa gw pengen kerjaan yang ga menyangkut ilmu yg gw dapet di kuliah..gw lebih pengen tempat kerja yg nantinya bakal nempatin kita di posisi sesuai dengan kemampuan kita..karna gw pengen nyobain semua jenis pekerjaan hingga gw nemu yg cocok..

setaun pertama setelah lulus kuliah,,yg gw lakukan adalah mencari lowker dengan judul “mt”,,umumnya gw cari di bank,,karna emang umumnya lowkernya ada di bank..

tapi..rada susah dengan jadwal tesnya,,karna waktu itu di tempat gw gawe lagi ribet,,dan berhubung tes di bank membutuhkan beberapa tahap tes,,jadinya gw aga ribet dgn alasan ke bos gw..ijin sakit udah,,ijin ngurus npwp udah,,tapi,,dalam batin gw,,menolak untuk ngasih alesan kaya gitu,,karna intinya,,itu berbohong..

menjelang akhir tahun, cpns buka,,dan waktu itu,,gw masih punya banyak pertimbangan,,kudu ngurus skck,,kartu kuning,,ngeliat lowongannya,,ngeliat syarat cpns yg ga boleh ini itu klo keterima,,kedodolan waktu daftar,,,yaa,,,akhirnya,,gw cuma merasakan tes cpns di 2 tempat,,deptan dan cpns tangsel..dan keduanya ga dapet..

waktu itu gw masih berpikir bahwa kerjaan yg lebih baik dari cpns akan ada buat gw,,tapi,,gw masih ga tau jenis gawean apa yg gw mau…

tahun kedua setelah lulus, berhubung di kantor gw lagi seperti biasa,,ribet dengan proyek dadakan,,gw jg mengalami hal aga susah ngatur jadwal klo ada tes..

tapi,,waktu itu,,hampir sekali setiap bulan ada panggilan untuk tes..

pernah saking gw penasaran akan sistem jobsdb,,gw apply lowongan yg jenis kerjaannya sama kaya kerjaan gw,,dan ujung2nya gw ga dtg interview karna masalah daerah..dan waktu itu,,gw bener2 pengen tau apakah apply-an gw di jobsdb itu diliat oleh pencari kerja..

pernah juga dapet panggilan tes,,tapi,,karna gw masih bingung mikir alesan apa ke kantor gw,,akhirnya gw ga dateng tes di tempat itu..

semakin dekat akhir tahun,,gw semakin ngerti keinginan gw akan tempat kerja..gw mau kerja di tempat yg ilmu gw bisa kepake jd akan ada jenjang karir, kalau bisa dapet kesempatan di kuliahin lagi,,yang pasti lokasinya deket..

setelah gw ikutan ISO beberapa kali,,gw semakin tertarik akan kerjaan sebagai QC..tapi,,ternyata sulit sekali mencari lowker QC,,umumnya untuk cowo,,,atau,,klo untuk staf,,maka buat d3,,tapi,,klo mau jd supervisor,,kudu ada pengalaman beberapa tahun,,huff

mengenai pengalaman juga..ga mungkin pengalaman kerja gw di tempat sekarang bisa dijadiin reverensi klo gw mau jd kerja di prusaan kimia..tapi,,klo mau kerja di prusaan IT,,secara ilmu,,gw jg ga terlalu punya,,karna lowker umumnya minta orang yg lulusan IT..

beberapa kali tes,,gw sering dianterin sama ayah,,karna umumnya tempat tesnya gw sendiri ga tau kesananya gmn,,sebenernya,,gw pengen bisa pergi kesana sendirian,,atau,,bahkan ga usah cerita dulu ke orang tua klo ada tes kerja..karna gw ga mau mereka kecewa misal hasilnya tidak sesuai..

sepertinya,,memang gw harusnya ga pernah bilang ke orang tua ttg tes kerja,,

puncaknya,,adalah tes kerja terakhir kali,di nutrifood..sebenernya,,gw dah berencana mau nginep di tempat temen,,trus,pergi naek kreta,,dan bis,,tapi,,rencana awal ga jadi gw jalankan,,karna suatu pertimbangan,,,waktu itu gw sempet berpikir klo kesempatan tes disana sudah hilang,,tapi,,pas gw coba kirim lagi lewat email yg beda,,ternyata kesempatan itu datang lagi,,gw mencoba belajar segala hal tentang psikotes,,gw dah persiapan jikalau ada pauli tes,,seperti tes di tempat lainnya,,ternyata tes disini,,lebih banyak tentang gambar,,tes intelenjensi memang ada,,tetapi tidak banyak,,hanya 1 tes,,yang lainnya tes kepribadian, dan tes gambar..

waktu diumumkan yg wawancara saat itu,,hrdnya bilg klo mereka tidak sempat memeriksa semua tes,,sehingga mungkin akan dihubungi lebih lanjut,,tapi,,waktu itu,,yg tinggal cukup banyak,,dan karna gw kenalan dengan orang yg ternyata apply dibagian yg sama,,jd kita merasa klo mungkin masih ada kesempatan buat kita..

seminggu kemudian,,gw dapet email dari hrdnya,,isi kalimatnya cukup panjang,,,dan gw langsung tau maksudnya,,😦

gw kembali ga lolos tes..

dan taukah,,bahwa tes yg kali ini menyimpan harapan banyak orang,,orang tua,,teman kantor,,dan dia..

tanggal 10 januari,,di kantor,,gw dapet email itu,,dan pastilah perasaan sedih itu datang sendrinya,,terlebih sedih lagi,,ketika harus memberitahukan pada dia, dan orang tua..

dia gw kasih kabar malamnya,, “yah,,kok bisa ga lolos?” katanya setelah gw kasih kabar,, dan gw hanya bisa bilang “maaf”..

pagi harinya,,

berat sekali rasanya…ketika mamah mau mendoakan gw tentang hasil tes,,dan langsung gw potong dengan kabar klo gw ga lolos..

“yaaahhh…” ucap ayah ketika mendengar kabar dari gw,,dan gw hanya bisa tertunduk karna tau bagaimana rasa kecewa itu melanda..

gw cuma bisa menjawab  “mungkin emang blom rizkinya disana”… sambil menguatkan hati

beberapa hari setelah itu,,mungkin ayah sudah dijelaskan oleh mamah..”mungkin memang blom rizkinya”..

dan gw merasa sedih yg tidak dapat dijelaskan hingga hari ini..

dan tadi,,puncak kesedihan itu,,,

ketika ayah menegur gw yg sedang tidur2an sambil nonton film,,

“bukannya belajar,,malah nonton,,,emang ga malu apa..”

huwaaaaaaaaaaaaaa…sungguh,,kata2 yg terlontar akibat kekecewaan yg dalam itu meruntuhkan segala usaha gw untuk menguatkan hati…

gw hanya bisa menangis kepada ALLAH,,,

apalagi tadi ayah sempat mengungkapkan kekecewaannya secara langsung,,,

maaf ayah,,,ian udah bikin ayah kecewa,,,,😥

sungguh,,gw ga marah akan kata2 yg ayah ucapkan,,,hanya saja,,,gw merasa sangaatttt sediiihhh,,,karna telah membuat kecewa,,,

😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s