tes di sugar group lagi..


dalam rangka mencari gawean,,dan emang rada susah buat jurusan kimia mipa…gw search di om google tiap hari,,

waktu itu, aga lupa tanggal tepatnya, ehh,,,ada lagi tuh lowker di sugar group buat purchasingnya,,

dengan semangatnya,,gw apply deh,,-semua kesempatan harus diupayakan-๐Ÿ˜€

awalnya gw apply dgn niatan iseng,,karna dulu kan ga lolos tes nya,,jd,,pengen coba lagi tes nya,, waktu itu ga berharap dipanggil tes sih,,soalnya,,biasanya,,beberapa prusahaan nyimpen data pelamar selama setaun,,dan klo yg udah pernah tes dan ga lolos maka ga akan dihubungin lagi,,

niatan iseng disambut baik,,gw dapet jadwal tes tulis di hari libur kerja, hari sabtu. lokasinya, di UNJ. sepertinya sugar group ga pernah ngadain tes tulis di HO nya.. (waktu itu gw ga tau klo HO nya ga cukup tempatnya).

seperti yg udah gw perkirakan, jenis tesnya seperti yg dulu. ada 2 macam tes, tes hitung cepat angka, plus gambar (mirip gambar denah SGC, cuma harus sesuai aturan), waktu itu gw dah bersiap dengan penggaris๐Ÿ˜€.

tes kedua berupa hitungan analisis, klo kita baru lulus SMA, pasti nih soal gampang banget..cuma,,berhubung dah lama juga lulus sma nya,,ya,,mungkin bagi yg bukan orang ipa aga lama juga kali ngitungnya,,

jenis tes nya menyangkut: menghitung mean, menghitung kecepatan, himpunan, sudut lingkaran, luas persegi, volume bangun, potongan harga, perbandingan produk. contoh soal kaya gini bisa dicari di buku psikotes yg bagian soal hitung analisis. lembar soalnya ada 10..dan kita diharapkan menjawab dengan disertai cara penyelesaian. sepertinya mereka ingin melihat cara pikir kita.

waktu itu banyak juga yg udah selse duluan sebelom gw…aga jiper juga,,dan ga ngarep lolos.

kata orang hrd nya,,mereka butuh 5 orang purchasing. cukup banyak juga buat posisi purchasing.

setelah blom genap satu minggu, gw di telpon sama sgc. dan katanya gw lolos tes tulis dan diundang buat wawancara di HO nya,,yaitu di gedung GKBI.

gedung GKBI adanya tepat di sebrang plasa semanggi. bisa ngemol mulu klo gini sih,,๐Ÿ˜€. klo naek busway,,turun di halte benhil,,tinggal jalan kaki.

pengalaman pertama gw ke GKBI. lift nya aneehhh..sebut aja gw norak,,๐Ÿ˜€

satu lorong ada sekitar 8 lift, yg bikin gw bingung,,kan biasanya di pinggir lift ada tombol yg kita pencet buat nunjukin kita mau naek (ke atas atau ke bawah)..nah,,ini kaga ada,,,yg ada pas lift ygย  paling pojok,,ada tombol yg isinya angka2,,disitu ada petunjuknya sih. katanya tekan tombol yg nyatain kita mau ke lantai berapa, trus tunggu ke lift yg itu..

SGC ada di lantai 5. jd gw teken deh tombol 5, trus,,di layar tombol,,muncul hurufย  “J”..lah,,gw bingung,,di atas pintu lift kaga ada hurufnya,, akhirnya,,dengan bingung,,gw menuju pintu lift yg terbuka..gw ikut naek aja sama beberapa orang yg naek lift. ternyata lift sampe di lantai 6..di lantai 5 ga berenti,,dan dari dalam lift ga ada tombol buat milih lantainya..

jadi lah gw turun di lantai 6..clingak clinguk kaya orang bener,,gw coba lagi teken tombol lift yg ada di ujung..setelah gw observasi dgn lebih teliti,,,ternyata,,begitu di layar tombol muncul huruf,,kita harus menuju lift yg di layar atasnya ada huruf tersebut..ya ampuunn,,malu-maluin aja deh gw..

oiya,,sebenernya jam wawancara gw,,jam setgh 10,,tapi gw dah dtg dari pagi,,akhirnya,,begitu sampe di lantai 5, gw ke toilet dulu,,trus,,disitu ada beberapa pegawai yg lagi disana juga,,dan gw tanya aja,,dimana mushola nya…ternyata ada di lantai 6,,

et dah,,bulak balik aja…

pas di lantai 6,,gw mo wudhu,,,ternyata airnya lagi rusak,,dan gw disuruh wudhu di lantai 5…

bulak balik again!!! huff

udah mendekati jam 9,,,gw ke lantai 5..dan nyari ruangan SGC…clingak clinguk,,bingung..eh,,ada orang lewat,,dan gw tanya,,dimana SGC,,trus,,dia ngasih tau..

ting tong,,intercom nya kudu di pencet dulu,,biar dibukain pintunya,,karna bukan pegawai jd masuknya ga bisa langsung pake kartu,,๐Ÿ˜€

disitu udah ada satu orang yg lagi ngantri wawancara…gw seperti biasanya..memanfaatkan momen kaya gini buat nambah wawasan..kenalan deh,,trus nanya2 dia dari mana, gawe dmn, dll..

sambil nunggu,,gw rada bingung sama pegawainya sgc,,kok jam segitu ada yg baru dateng,,bingung juga,,jam brp jam kerjanya disini..trus,,pakaiannya santai..ga kudu kemeja..bahkan ga kudu sepatu kerja,,ada yg pake heels…trus,,orang resepsionisnya,,sibuk banget,,telpon bunyii mulu,,,ada dua resepsionisnya,,cewe dan cowo,,,yg cewe baru dateng sambil bawa kotak makanan,,yg isinya ternyata gorengan,,dan ternyata,,gorengan itu buat di jual,,,laahh,,,dikirain dibagiin,,

humm,,sepertinya pegawai disini ga dapet jatah makan..

orang yg pertama sebelom gw dipanggil interview..

ga lama,,ada yg dateng jg..gw kenalan lagi deh,,

ga lama,,orang yg baru dateng itu dipanggil wawancara,,,lah,,aneh,,kan dia dtg setelah gw..dan katanya jadwal wawancara dia sejam lagi..ย  -.-

setengah jam nunggu, orang itu selesai, dan gantian gw yg dipanggil,

pada saat nunggu, entah kenapa sebenernya gw pengen liat lagi cv gw,,just to make sure apa yg bakal gw omongin sesuai sama cv gw..

pas wawancara:

kaget. baru kali ini gw wawancara dikeroyok. 3 orang yg wawancara. ada yg namanya pa yuda, bu christine, dan satu ibu2 lagi yg sebelomnya ketemu gw di toilet.

gw diminta cv, karna mereka mo nanya2 dan baca cv gw. wawancaranya sih pake bahasa indonesia. tapi, yg bikin gw deg-deg-an, karna serasa di sidang dalam jarak dekat. pertanyaannya bertubi-tubi, gantian. tapi,karna gw orangnya plegma, jd ga kliatan deh tuh klo gw sebenrnya dag dig dug.

gw disuruh jelasin data personal, nama, lulusan mana, pengalaman kerja, dll. yg gw dodol:

gw bilang klo gw kerja part time dr 2009 sampe 2010..padahal di cv gw,,gw tulis dari 2010 sampe 2011…WHAT A STUPID ME!

ketika gw bilang taun2 itu,,sebenernya,,gw pengen ngambil tuh cv gw,,trus,,gw liat dulu,,biar ga salah,,,ARRGGHHH sudahlah,,pasrah,,

gw ditanya kenapa alesannya gw brenti kerja padahal br setaun, ya,,,gw bilang aja gw pengen pindah bidang, ke yg sesuai jurusan lagi..trus,,dipojokin sih,,ttg gaji,, “mungkin gajinya kecil, kali”..dan gw bilang aja,,”engga kok, kita tetep naek gaji”..padahal baru brp bulan ini gw naek gaji,,huff..

trus,,gw ditanyain apa yg gw ketaui ttg purchasing, ya gw billang aja klo purchasing tuh ada 3 bagian, raw material, packaging, sama expor-impor. untungnya ini gw tau dari “dia”๐Ÿ™‚

trus,,pas akhir interview, ada sedikit simulasi kerjaan purchasing. gw disuruh nyiapin kebutuhan pulpen,,via telpon,,karna katanya mereka biasa beli barang via telpon, dan sangattt jarang sekali ke supplier langsung.

gw dikasih kesempatan tanya2..ya gw tanya aja jam masuk kerja nya gmn,,dan katanya jam masuk kerja jam setgh 9 sampe setgh 6. trus, kontrak selama setaun, seteleh itu diliat lagi,,tapi blom ada kepastian bakal tetap. dan katanya setelah interview hari itu, bakal ada 2 tahap lagi, interview sama bos mereka (mungkin bos purchasing) lalu tes kesehatan.

gw dikasih kesempatan nanya lagi,,yaudah,,gw tanya aja,,gmn rasanya mereka kerja disana selama ini..๐Ÿ˜€

gw ga berharap banyak sama hasi interview..karna kedodolan gw ngejawab tanggal kerja gw itu..

dan ternyata…

beberapa hari kemudian, gw ditelpon lagi dari SGC untuk interview selanjutnya..

 

setelah berbicara dengan orang-orang yang bersangkutan dengan hidup gw…

gw ga ikut tahap selanjutnya..

 

buat info aja bagi yg mau tes di sgc terutama bagian purchasing..

dari temen deket gw, ternyata temen kantornya dulu kerja di purchasing SGC juga,,dan ternyata dia kerja 4 tahun disana masih kontrak,,entah,,kapan diangkat jd tetapnya,,makanya dia keluar. ga ngerti juga sih apakah sistemnya udah berubah apa blom, tapi,,gw sih emang rada bingung,,karna mereka butuh 5 orang baru sebagai purchasing, padahal di tempat temen gw, orang purchasing cuma ada 8 orang.

sekian infonya,,semoga bermanfaat.๐Ÿ™‚

 

10 responses to “tes di sugar group lagi..

  1. Hi there..

    Menurut kamu yang udah sampe tahap wawancara sama user langsung, kesempatan untuk berkarir disana gimana? gedung kantornya bagus ga? gede/kecil?

    Waktu interview terakhir ditanya apa aja? apakah sempat nego gaji?

    Sori ya banyak nanya, mau nambah wawasan aja sih soalnya baru tes di gulaku juga untuk bag. purchasing.

    Thanks a lot๐Ÿ™‚

    • hi..
      klo udah sampe user,,kayanya udah besar kesempatannya deh…kan tinggal cek kesehatan,,kecuali ada riwayat penyakit yg lumayan..atau,,klo ada penyakit yg kira2 muncul karna tertekan,,

      gedung kantor yg di gkbi bagus kok..kan perkantoran,,tapi,,klo yg di pabrik ga tau,,๐Ÿ˜€

  2. Makasih kakak infonya… 2 minggu lalu aku juga tes utk SGC leadership program.
    Aku mau tanya berapa lama kk nunggu sampai dipanggil utk wawancara? Ini aku udah seminggu belum dipanggil.

    Trus knp kk ga nerusin tes kerja di SGC?

    Mohon infonya kak. Trims

    • humm,,waktu itu sih,,jaraknya seminggu dipanggil wawancara..trus,,seminggu kemudian di telpon lagi buat wawancara sama atasannya katanya..
      ehe,,waktu itu ga saya terusin,,soalnya,,ga dibolehin sama pihak2 yg bersangkutan,,๐Ÿ˜€

      semoga segera dpt telpon buat wawancara,,๐Ÿ™‚
      tetep semangat ya..

Leave a Reply

