tes kerja di enesis


oke,,balik lagi,,sebenernya udah lama pengen di share,,,cm lagi blom mood buat nulis lagi,,
hmm,,tepatnya kapan ya?sekitar bulan mei, gw dapet panggilan tes di enesis..
buat yg ga familiar sama enesis,,,dia itu produknya vegeta, soffel, adem sari,dll..
jadi enesis tuh mau buka pabrik baru,,nambah pabrik di kawasan ciawi, makanya dia butuh karyawan lagi. HO nya sendiri ada di pulo gadung, dan ada pabrik yg di cikarang juga.
jadi,,pertamanya, gw di telpon untuk interview sama user di ciawi.
pas gw kesana, hari senen, pabriknya itu pabrik bekas pabrik sepatu, jd mau di renov ulang. user nya mau tau dulu gmn tanggapan gw klo kerja disana,,bersedia apa kaga…ya..berhubung gw nyari gawean,,ya,,setuju lah..
waktu itu,,wawancara sama user quality, karna gw emang apply bagian itu.
wawancara pake bahasa indonesia, ditanyain sama 3 orang. tapi yg aktif nanya ya,,usernya.
waktu itu, gw ditawarin buat jadi staf QA,, gw sempet bingung kok ditawarin nya staf?
berhubung gw lulusan s1..walpun gw blom ada pengalaman di bagian ini,,tapi temen2 gw yg lain biasa ditawarin posisi asisten supervisor. gw coba tawar posisi sih,,mungkin terlihat aga sombong..tapi ya,,sapa tau,,bisa..ehehe..
trus,,gw nunjukin minat aja di posisi staf,,dgn nanya,,jobdesc nya apa..
waktu itu sih dijelasin,,kaya orang lapangan,,tapi,,gw ga ngerti jg sih,,ya,,gw iyain aja dulu..
trus,,gw tanya,,klo keterima posisinya kontrak apa langsung tetap,,
dan ternyata di enesis itu sistem kepegawaiannya lumayan bagus,,3 bulan percobaan,,trus,,jadi tetap..dan ternyata,,jabatan disana itu ga dibatasi gelarnya..misalnya,,bisa aja supervisor tuh d3,,dan staf nya s1..karna si supervisor lebih pengalaman dibanding yg s1..trus,,disana kesempatan buat naek jabatan sangat ada..setiap 6 bulan sekali,,ada psikotes pegawai untuk kenaikan gaji,,atau yg promosi..
waktu itu gw pikir,,oke lah klo misalnya gw msh dianggap level staf,,toh nantinya gw bs kejar promosinya..

klo ga salah,,hari jumat nya gw ditelpon lagi,,untuk psikotes di HO..waktu itu gw bilang ga bs karna ada acara keluarga..dan alhamdulillah ada kesempatan 2 minggu kemudian setelah tanggal seharusnya.

psikotesnya:
psikotes di enesis lumayan banyak..waktu itu mulai jam 9,,selesai jam 12..
GA ADA KREPLIN ATAU PAULI!😀
ada draw a man,,sama draw a tree,,
wartegg tes juga ada..
army alpha tes juga
tes itungan nya rada ribet,,huff..gw ga ngisi banyakk😦
jadi aga beda sama tes itungan biasanya yg tinggal pilih jawaban,,klo disini,,kita kudu nyoret angka sesuai jawaban,,jadi di lembar jawaban dikasih angka2,,nah,,nanti angka2nya dicoret sesuai dengan jawaban dari soalnya..misalnya,,jawabannya 28,,maka di lembar jawaban kudu coret angka 2 sama 8…humm ga bisa nembak klo ini..😦
trus,,ada tes visualisasi gambar,,cukup banyak lagi,,jadi rada pusing..:(
trus,,ada tes inget kata..jadi dikasih beberapa kelokpok kata,,kita disuruh inget dalam waktu yg disediakan,,trus,,baru deh ngerjain soalnya,,
misalnya, binatang : elang, rusa, singa, gajah, kelinci
nah,,di soal,,yg muncul: huruf r ada pada kelompok kata . . .
waktu itu rese banget,,jadi peserta yg duduk di belakang gw,,pas lagi sesi inget2,,dia malah nerima telpon,,bukannya segera dimatiin,,dia malah asik aja gitu telponan..sampe akhirnya,,gw kasih tau ke hr nya..aarrhhgg hapalan gw rusak dah…
waktu itu gw ngapalain huruf awal dari masing2 kelompok kata,,
dan pas ditengah2 ngerjain soal,,gw baru sadar,,ternyata masing2 kata,,huruf depannya ga ada yg sama,,dan lebih ke urutan abjad ada semua…
jadi,,,klo ketemu soal kaya gini,,tipsnya,,hapalin huruf awal dari kelompok kata,,lalu,,pas ngerjain,,cari soal yg sesuai sama urutan kelompok kata yg kita hapal dulu..misalnya,,di klompok binatang,,huruf awalnya,,e,r,s,g,k…nah,,cari soal yg menanyakan awalan huruf tersebut..jadi,,ngerjainnya ga usah berurutan…
trus,,ada tes kepribadian..ya..klo ini sih,,bingung jd ngakalinnya gmn,,😀

waktu awal mau tes sempet diabsen,,dan ditanyain rumahnya jauh apa ga,,ternyata klo yg jauh didahulukan buat interview HR,,aha,,untung gw bilg rumah gw jauh..
waktu interview HR,,kayanya ada yg salah gw jawab..humm waktu ditanya,,knp mau kerja disitu,,gw bilang gw mo gawe di prusaan makanan..padahal gw tadinya mo bilg mo gawe di prusaan fmcg,,karna takut salah istilah,,gw ga bilg gt,,😦

2 responses to “tes kerja di enesis

Leave a Reply

