tes kerja di frisian flag


hari rabu kemaren, 18 juli 2012..gw ada tes di frisian flag,,
it’s amazing,,,karna gw dah lama banget pengen ngerasain tes disini,,,setidaknya,,untuk dipanggil tes,,aja,,kayanya susaahh banget,,😦
jadi,,klo mau apply di frisian flag,,ada situs tersendiri,,recruitmentbox.net..
waktu itu,,gw pas lagi liat2,,ada lowoangan buat MT nya,,walpun udah lama,,dari bulan juni,,bodo ah,,gw apply aja,,

dan hari jumat,,gw dapet telpon,,dari HR nya,,pake bahasa inggris gt dia ngomongnya,,bilang klo gw diundang tes hari rabu..

jadi ,,frisian flag yg tempat tes,,adanya yg di ciracas..jalan raya bogor, km 26. klo yg HO adanya di pasar rebo..

waktu di telpon,,gw dikasih tau,,klo tes nya dari jam setgh 9 sampe jam 4..dan bakal ada psikotes, FGD, dan HR..

klo dari pasar rebo,,mau kesana,,tinggal naek angkot apaan aja,,yg ke arah bogor,,gw sih naek 112 yg ke arah depok,,kan ngelewatin juga,,turun di depan pabriknya,,oiya,,bilang ke supir angkotnya,,susu bendera,,soalnya dia ga ngeh klo dibilang frisian flag,,😀

pas sampe disana,,banyak truk2 gede…tapi bau susu,,ahaha yaiyalah,,yg dibawa kan susu,,😀

peserta tes ada banyaakk,,klo di absen ada 100an orang,,tapi,,yg ttd ada 73 orang..wew,,saingan banyak,,

proses rekrutmen disini ternyata bagus loh,,ternyata dia ngasih subsidi transport,,alias penggantian uang transport,,ke peserta yg diluar jabodetabek,,jadi tiket kreta, bis,,mungkin klo pada tau dari awal,,naek pesawat kali ya,,😀 ,,semua diganti..

trus,,pas sambil nunggu,,baru mulai acara jam setgh 10,,kita dikasih breakfast loh,,lumayan,,sandwitch, kue sus, (dari holan bakery) , dan susu..😀

jadi ada presentasi company dulu,,sekaligus ngejelasin program MT nya sendiri,,
mereka butuh 7 orang MT doang,,dari ribuan yg apply,,😦
program MT berjalan 12 bulan,,dengan rotasi di 4 bidang,,dari 5 yg ada..diceritain tuh semua dari salarynya yg lumayan banget,,dapet medical 100% asal dibawah 2 kali gaji..trus,,kacamata,,dan pastinya,,SUSU,,tiap bulan,,asik,,ga usah beli susu lagi,😀

proses tes baru dimulai jam setgh 11..psikotesnya,,gw pikir bakalan banyaakkk banget,,taunya,,hanya ada 2 macem,,
tes itungan,,50 soal,,dalam 12 menit..yg kita disuruh nulis jawabannya saja,,berupa angka,,waktu itu gw ngerjain lompat2,,lebih sering liat yg deretan angka,,daripada yg soal cerita,,biar ga abis waktunya..trus,,PAULI,,,yup!

tes disini,,berlaku sistem gugur,,jadi klo dari psikotes ga lolos,,udahan,,,tapi klo lolos,,lanjut ke tahap selanjutnya..

alhamdulillah,,gw lolos,,trus,,tahap selanjutnya FGD,,
dari 73 orang,,yg lolos 56..kemudian dibagi menjadi kelompok2,,satu kelompok ada 6 atau 5 orang..dan dibagi menjadi 2 batch,,karna bakal ada orang HR yg dampingin..
waktu itu gw dapet batch 2 di ruang 4…
FGD sendiri dikasih tugas untuk ngediskusiin employee day..
kita disuruh ngerancang acara gt,,tapi tempatnya diluar dari tempat yg udah pernah diadain..dengan budget 250rb/orang,,dan karyawannya ada 2500 orang..
karna gw termasuk batch 2,,kita atur strategi,,suapaya ga saling ngejatohin,,dan moga2 satu klompok kita lolos FGD,,

waktu itu kelompok gw 5 orang,,satu cowo, 4 cewe..waktu mo nentuin lokasi,,gw usulin aja di mekarsari..karna gw kemaren abis kesana,,semua yg gw tau,,gw share..

pas diskusi mulai..kita pura2,,blom nentuin apa2,,😀
pas HR nya keluar sebentar,,kita langsung aja,,jalanin rencana,,😀
langsung ngebagi tugas,,ketua, sekertaris, acara, bendahara, transport+ konsumsi

waktu itu dari kita berlima,,yg ga lolos cm satu orang,,yg berperan sebagai sekertaris,,mungkin karna posisi sekertaris ga terlalu ngasih kontribusi kali ya,,saran gw,,klo ada lagi yg kaya gini,,susunan kepanitiaannya ketua, bendahara, acara, konsumsi, dan transpor,,aja,,jadi masing2 udah jelas kesibukannya apa..

alhamdulillah,,gw lolos FGD..
dari setiap kelompok,,ada 2,3,4 orang yg lolos,,kayanya,,dari 56 orang,,sisa sekitar 20 orang..kan HR nya jg ga bs lama2 juga…

huff,,,interview HR..
beda2 nih setiap orang,,sesuai HR nya,,dan gw dapet HR yg full english,,😦
dapet giliran ke tiga,,gw msh sempet belajar dulu,,bareng sama kenalan disana..

pas interview,,gw ditanya,,personal,,dan pertanyaan “tell me about your self” kembali hadir,,trus,,yg gw rasa paling ga gw suka,,ditanyain,,apa yg membuat kita memilih kamu untuk MT…
aarrrgghh sebel dah sama question kaya gini,,😦

ya,,sampe sekarang blom ada telpon lagi sih,,
semoga hasilnya yg terbaik aja buat semuanya,,

tapi,,klo dari prosesnya sendiri,,masih cukup panjang,,
masih ada presentasi, BOD, Medcheck..

21 responses to “tes kerja di frisian flag

  1. Maaf says mau tanya,mba/mas tes masuk MT di frisian flag sampe tahap apa yah yang paling terakhir sekali anda lalui?tolong di sharing yah!terima kasih banyak!!!

    • hai,,maaf baru dibales

      wah,,bukan yg MT sales..yg MT biasa..
      waktu itu saya sempet nanya sama org HRD nya,,
      klo MT sales,,penempatannya harus siap dimana saja.

  2. Aslm eldesastra..aku tadi siang dapet telpon dr FF buat tes di HO , ak agak kurang denger untuk posisinya, pas minta diulang,sependengeranku sih posisinya buat Staff Manager Pabrik (agak aneh juga dengernya), dirimu pernah denger ga posisi itu pas presentasi FF. Waktu itu ak daftar via jobstreet, posisinya others, jadi waktu daftar ak belum tau untuk posisi apa. Klo pernah denger, boleh tau range sallarynya-kah?
    Oiya Itu tesnya lengkap ya seharian?td pas ak tanya, katanya psikotes aja.
    Makasih yaa infonya🙂

    • wa alaykum salam shufi

      hm,,waktu itu sih emg dikasih tau beberapa tingkatan posisi di sana…tapi,,yg saya denger cm yg manager😀
      soalnya klo udah jd MT gradenya setingkat dibawah manager

      klo range nya untuk staf kurang tau jg sih,,,🙂

      klo MT tes nya kan ada beberapa tahap,,waktu itu sehari ada 3 tes,,psikotes,,FGD,,wawancara HRD..tapi,,,klo lolos,,ya,,msh ada 4 tahap lagi,,🙂

      saya kurang tau juga sih klo misalnya untuk posisi staf tes nya apa saja…

      selamat berjuang🙂

  3. Assalamualaikum,

    nnaya donk mba…
    adik saya dipanggil tes di Medan….aneh ga sich… biasanya khan tes MT itu di pulau jawa ya…. ini koq di tes di kota sendiri ya?…

    boleh tau ga berapa range gajinya?.
    terima kasih sebelumnya🙂

    InsyaAllah ada rezeki yang lain buat mba…amin

    • wa alaikum salam

      wah,,saya bingung jg tuh,,,waktu saya di telpon sih emg tes nya di jakarta,,bahkan ada yg dari luar jawa barat pun tes nya di jakarta..
      coba telpon lagi ke frisian flag nya deh,,,soalnya waktu wawancara,,,saya sempet tanya,,klo MT lokasi kerjanya dmn,,,dan katanya di jakarta,,di pabrik yg pasar rebo,,atau yang di ciracas..

      waktu company presentasi sih,,range gajinya,,,5-6 jt untuk MT,,karna dah level brp gt katanya.. dan blom termasuk kesehatan🙂

      amiinnn

      makasih

  4. Salam eldesastra, aku blh mnt email kamu gk? Ato mgkin ym sklian, hheheeh😀. Pgn nanya2 ttg tes MT nih, aku dpet test mgu depan. Pgn nanya2 byak sm kamu ttg ini kl boleh. Thanks yaaaa🙂

  5. salam kenal eldesastra, thanks udah share, gw juga dipanggil buat tes tanggl 6 sept besok, dari pengalamannya jadi test pertama itu cuma itung2an sama pauli doank ya? gag ada menggambar, wawancara, bahasa inggris sama presentasi? mohon infonya ya

      • Blm ujian, kamis ini rencananya. Itu mterinya apa aja si untuk psikotest prtma? Bhsa inggris, bhs indonesia, deret angka, apa aj yg include, mhon infonya y

      • tes awal,,itungan cepat.klo ga salah 20 soal,,tapi kudu selesai dalam beberapa menit doang,,ada deret angka..misalnya
        8,4,2,1,…
        ada yg itungan soal juga,,tips nya,,cari soal yg kira2 bisa langsung dijawab tanpa banyak pikir..baca soal sekali,,trus,,klo ngerasa susah,,lewatin,,cari soal yg lainnya,,semakin banyak yg dijawab dan benar,,semakin bagus,,,
        lalu,,tes pauli..klo belom pernah,,cari contohnya lalu latihan dikit,,tips nya,,santai aja..yg penting,,grafiknya datar..klo bisa naik terus,,ga usah kebawa sm yg udah nambah lembaran baru..
        oke,,,sukses ya,,,
        paling engga,,tes seharian bsk,,lulus semua,,🙂

  6. Hai Eldesastra, lagi gugling MT Frisian Flag, ga sngaja nemu n akhirnya baca blog kmu. Sampai hari ini udah ada panggilan dari FF lagi?
    aku juga ada panggilan test Corporate MT FF untuk tgl 27 juli 2012 besok jm 8.30. masih buta daerah ciracas ni..kalo dari salemba, bisa naik krl menuju depok/bogor ngga ya? baiknya turun di stasiun mana? trus abis itu oper angkot gitu ya?
    Kudu persiapan apa aja ya untuk test ini? soalnya saya tertarik bgt kerja di FF..

    Makasih..

    • hai juga,,,
      udah ada apa ya?😀
      sampe hari ini blom ada lanjutan lagi,,tapi dikasih tau kenalan,,,katanya dia udah dpt telpon dari frisian pas hari senen minggu selanjutnya,,jadi,,kemungkinan ga lolos tahap selanjutnya,,😦

      • Salam eldesastraaaaa, aku pgen nanya2 ttg tes MT nya dooong, jadwalnya buat mggu dpan, byk bgt yg pgen dtnya, kl blh aku pgn mnta email ato mgkin ym. Thanks yaa🙂

Leave a Reply

