Perubahan Hati Meneladani Hidup Rasul



Judul : Open Your Heart Follow Your Prophet
Cetakan : I April 2013
Tebal : vii + 184 Halaman
Harga : Rp 39.000

Bagi umat Islam, Rasulullah merupakan sosok yang harus menjadi panutan kita dalam menjalani kehidupan. Tutur kata serta perbuatan beliau berhikmah positif. Di masa mudanya beliau bahkan mendapat gelar Al Amin oleh masyarakat pada waktu itu. Meneladani hidup beliau adalah ajaran agama.

Lalu apakah sikap hidup kita sebagai anak muda selama ini sudah sesuai tuntunan Rasul? Apakah ibadah kita sehari-hari sudah cukup untuk membuat kita masuk surga? Adakah cara termudah untuk masuk surga? Bagaimana cara merubahan sikap, tutur kata, pikiran dan hati sehingga menjadi keseharian sesuai teladan Rasul, secara sederhana dibahas dalam buku yang ditulis @teladanrasul ini.

Penulis memang menujukan buku ini bagi kalangan muda yang zaman sekarang dimanjakan oleh teknologi. Bahasan yang awalnya di tampilkan di twitter dikemas menjadi sebuah buku yang menarik. Dengan adanya buku ini pembaca diajak menjadikan Rasul sebagai sosok idola. Penulis mengajak kita untuk menjadi anak muda yang sukses seperti Rasul. Sedikit demi sedikit, kita diajak membuka hati dan memulai langkah perubahan menuju kesuksesan itu. Kutipan ayat Alquran dan hadis ditampilkan sebagai poin terpisah sehingga memudahkan kita untuk mencari pada sumbernya langsung.
Penulis bukan hanya menjelaskan jenis-jenis ibadah yang bisa kita lakukan sesuai tuntunan Rasul, tapi juga mengajak pembaca untuk membuat target ibadah dengan menyediakan tabel isian ibadah. Pembahasan golden ticket menuju surga menyadarkan kita pentingnya memuliakan orang tua. Bagi yang ingin melangsungkan pernikahan, penulis juga memberikan tuntunan pernikahan secara islami.

Selain bahasanya yang ringan dan cocok untuk anak muda, beberapa halaman, maupun kutipan diberi latar warna hijau sehingga membuat pembaca merasa tidak bosan. Melalui buku ini, penulis berhasil menggugah anak muda untuk kembali meneladani hidup Rasul. Buktinya adalah banyak komentar positif yang diberikan para pembacanya melalui twitter @teladanrasul setelah mereka membaca buku ini.

Dari sisi kekurangannya, sepertinya penulis kekurangan sumber kisah inspiratif. Bagi beberapa orang yang sering membaca kisah inspiratif, mungkin akan merasa bosan membaca kembali kisah tersebut disini.

Pembahasan yang dituliskan di buku ini, menurut pendapat saya sangat menarik, karena menyadarkan saya untuk membuka hati dan kembali meneladani sifat Rasul. Adanya tuntunan berupa tabel isiian ibadah menggugah saya untuk mempraktekan apa yang telah dituliskan dalam buku ini. Kalau bisa sekarang, kenapa menunggu tua?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s